RIHLAH GAMAIS 2011

Sabtu pagi, 24 Desember 2011, pelataran Masjid Kampus Undip dipenuhi sekelompok mahasiswa berjaket hijau bertuliskan GAMAIS. Wajah mereka terlihat cerah, ceria dan bersinar-sinar. Bagaimana tidak, hari itu Gamais mengadakan acara Rihlah, yang merupakan program kerja dari departemen kaderisasi. Awalnya ke Dieng, namun karena suatu hal, akhirnya diganti ke pantai Jepara. Itu tentu saja tak menjadi masalah. Tak ada yang terlihat murung. Semuanya tampak bahagia meski sedikit dilanda kelaparan. Sekitar pukul 06.00, semua peserta telah hadir, dan setelah dikomando, kami memasuki bus pintu ukuran sedang. Tidak sesuai jadwal yang awalnya pukul 05.00, ternyata mulur 1jam. Hehe..

Didalam bus, suasana ramai seperti pasar, apalagi ketika mulai dibagikan snack. Sekitar pukul 10.00, rombongan dengan jumlah ikhwan 14 orang dan akhwat 20 orang telah sampai di pantai Bandengan, Jepara. Setelah mencari tempat yang nyaman, acara pembukaan pun dimulai. Diantaranya sambutan dari Mas’ul Muhammad Turmuzi Nur dan Mas’ul baru yang diwakili oleh sekum Palawa Pangeran Hidayat. Beberapa anggota juga memberikan pesan kesannya untuk Gamais. Usai acara pembukaan, dilanjutkan outbond. Outbond dilakukan secara terpisah antara peserta ikhwan dan akhwat. Seru, ramai dan heboh seperti anak-anak, membuat ukhuwah semakin rekat. Acara selanjutnya yaitu jalan – jalan. Tentu saja yang paling “inti” adalah acara foto-foto dan bermain air di pantai. Namun tak berlangsung lama, ada ‘panggilan’ dari panitia untuk makan siang.

Usai makan siang, kami menuju pulau Panjang, yang terletak sekitar 0,5 km dari pantai Bandengan. Dengan menaiki kapal kecil, kami sampai di pulau kecil itu. Situasi sedikit memanas ketika terjadi perdebatan antara kami dan nahkoda kapal. Tetapi akhirnya bisa di loby walaupun hanya diizinkan 1 jam di pulau ini. huhu..

Di pulau yang dikelilingi pasir putih ini, kami bertukar kado. Setelah semua  mendapat kado, masing-masing antara ikhwan dan akhwat membuka kado dan membaca surat yang berisikan pesan dan kesan untuk Gamais. Ada yang puitis, mengharukan, ngelawak, kurang serius, ada  yang sepertinya terserang virus merah jambu, tapi ada pula yang tidak mencantumkan surat sama sekali. Setelah bertukar kado dan tentunya berfoto – foto, kami kembali ke pantai Bandengan.

Kami lalu beristirahat, membersihkan diri dan melaksanakan sholat ashar. Setelah itu, acara bebas hingga pukul 15.30. Kami lalu berkumpul di pinggir pantai untuk melakukan muhasabah. Namun tiba – tiba hujan mengguyur dan kami pun langsung berlari menuju bus, melanjutkan perjalanan kami menuju kediaman akh Azmi Faiq, mantan Koordinator Pansus Gamais yang sekarang menjabat Ketua BEM FKM UNDIP. Kami disuguhi banyak makanan, tentu saja kami tak bisa menolak dan langsung melahap habis hingga hanya tersisa piring dan sampah. Kue, kacang, pisang goreng dan durian ludes seketika. Tak hanya itu, kami juga diberi makan malam bertema prasmanan. Jadi bisa ambil banyak. Hehe.. trimakasih akh Azmi dan keluarga. Jangan kapok kapok menerima kami.. J

Setelah shalat maghrib, kami berpamitan dan melanjutkan perjalanan menuju Tembalang. Di dalam bus, suasana haru mengiringi perjalanan kami ketika beberapa (hampir semua) anggota menyampaikan pesan kesan seperti kata-kata perpisahan untuk Gamais. Kami saling berpelukan meluapkan kesedihan, menangis sepuasnya dan saling membangkitkan semangat. Suasana haru itu berlangsung selama lebih kurang 2,5 jam. Setelah itu sampailah kami di Masjid Kampus Undip, dan kami kembali ke rumah masing-masing.

By : Defani Pramesti, Biro Kestari Gamais 2011

2 thoughts on “RIHLAH GAMAIS 2011

  1. dan saya ingat ketika sampai di pantai panjang dan ingin memasuki kawasannya,kami dari gamais di tagih uang Rp 3000 oleh seseorang untuk memasuki kawasan tsb,karena saking iritnya,kita lbh memilih di luar arena saja,subhanallah sekali haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s