Seputar Magang Gamais (Part 1)

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini kami mau share dulu nih seputar magang Gamais beberapa department  untuk masa kepengurusan 2013. Langsung aja deh ya kita bahas 3 department yang pertama yaitu department kaderisasi, An-Nisa dan syiar dan dakwah.

Sistem Kaderisasi LDK Fakultas Lain dengan Sistem Kaderisasi Gamais

Kampus merupakan sebuah lembaga yang didalamnya terdapat gedung -gedung dan orang-orang yang memiliki pola pikir seseorang yang berpendidikan. Kampus bukan hanya tempat mencari ilmu pasti, tetapi juga merupakan tempat berkembangnya para mahasiswa melalui organisasi. Hal ini biasa disebut dengan softskill. Salah satu organisasi yang dapat menjadi wadah untuk menunjang perkembangan softskill mahasiswa melalui sebuah pergerakan yang berasaskan Islam adalah Lembaga Dakwah Kampus (LDK).

Di tiap-tiap universitas terdapat LDK, namun dengan nama yang berbeda-beda. Kadang mereka menyebut dirinya sebagai Sie Kerohanian Islam, Forum Studi Islam, Lembaga Dakwah Kampus, Badan Kerohanian Islam, dan sebagainya. Di kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro pun terdapat LDK, yang dinamakan Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais). Di Gamais terdapat Biro dan Departemen-Depertemen yang terdiri dari Biro Kestari, Biro Keuangan, Departemen An-Nisa, Departemen BSO Mentoring, Departemen Ketakmiran, Departemen Kaderisasi, Departemen Syiar dan Dakwah, dan Departemen Humas. Untuk Gamais sendiri dipimpin oleh seorang Mas’ul.

Agenda Gamais yang sedang berlangsung kali ini adalah Open Recruitment untuk kepengurusan baru, periode 2013. Dari Biro dan Departemen yang telah disebutkan di atas, dalam essay ini akan membahas mengenai agenda dan informasi magang Departemen Kaderisasi. Menurut blog resmi Gamais, Gamaisonline.wordpress.com, Departemen kaderisasi merupakan departemen yang merumuskan pola dan konsep kaderisasi sebagai pedoman dalam peningkatan kualitas mahasiswa muslim FKM. Selain peningkatan kualitas mahasiswa, kualitas-kualitas kader pengurus gamais juga ditingkatkan melalui pembekalan, pembinaan, pemberdayaan, dan sebagainya.

Agenda Open Recruitment  Departemen Kaderisasi tahun ini masih dengan beberapa tahap. Menurut Mentary, salah satu staff di Departemen Kaderisasi, untuk tahap wawancara dilaksanakan tanggal 28 November 2012 sampai 4 Desember 2012. Kemudian tanggal 10 Desember 2012 dilanjut dengan Technical Meeting magang. Magang dimulai tanggal 11 Desember 2012, meliputi pencarian informasi ke LDK fakultas lain mengenai sistem kaderisasi di sana. Setelah mempunyai informasi-informasi mengenai LDK tersebut,  para peserta magang melakukan diskusi mengenai hal-hal terkait informasi tersebut. Tanggal 16 Desember 2012 sampai 18 Desember 2012 peserta magang diberikan tugas untuk menganalisis sistem kaderisasi Gamais dan pembuatan program kerja (proker) sederhana untuk pengurus Gamais. Setelah hasil diskusi mengenai LDK di fakultas lain sudah ada, Mentary lebih lanjut menerangkan bahwa masalah-masalah yang ada di LDK tersebut bisa ditemukan solusinya dan ketika Gamais mempunyai permasalahan yang sama maka solusi tersebut dapat langsung diterapkan.

Untuk penugasan individu, hasil diskusi terkait kaderisasi, sistemnya, analisis sistem kaderisasi di gamais, masalah-masalah yang ada di LDK fakultas lain dan juga di Gamais, solusi, harapan, dan motivasi dibuat dalam bentuk essay. Lebih lanjut, tanggal 20 Desember 2012 diadakan pengoreksian mengenai hasil program kerja yang telah dibuat para peserta magang. Dan kemudian di tanggal 21 Desember 2012 diadakan presentasi hasil tugas magang di depan seluruh pengurus Gamais dan Dewan Syuro.

Untuk total peserta magang Departemen Kaderisasi tahun ini sebanyak 12 orang. Terdiri dari 2 orang ikhwan dan 10 orang akhwat. “Tugas magang ini dilaksanakan untuk menambah wawasan para peserta magang tentang sistem kaderisasi dan juga bisa membedakan sistem yang ada di LDK fakultas lain dengan Gamais seperti apa, jadi ketika nanti ada masalah, harapannya bisa memberikan solusi,” terang Mentary. “Menurut saya dalam tugas magang kali ini, analisis sistem kaderisasi LDK fakultas lain dan Gamais lah yang paling sulit. Tapi untuk para peserta magang harus tetap semangat dalam mengerjakannya,” ujar Mentary menambahkan sekaligus menutup wawancara kala itu.

-By: Anissa Nurul Amallia, Kelas E 2011-

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai magang department kaderisasi yuk kita lanjut ke department yang kedua yaitu department AN-Nisa.

Magang Annisa, Kerja Keras dan Niat yang Lurus

 

Departemen Annisa (Kemuslimahan) merupakan salah satu departemen dari Gamais (Keluarga Mahasiswa Islam) yang paling populer dan paling diminati oleh para pengisi Operec UKK Gamais dari tahun ke tahun. Terbukti untuk tahun ini, ada 29 pendaftar yang mengikuti magang Departemen Annisa. Magang Annisa sendiri dilaksanakan mulai dari tanggal 11 sampai 20 Desember 2012 dengan 4 tahapan tugas yang harus dilewati.

Tugas pertama adalah diskusi dengan tema “Urgensi Dakwah Kemuslimahan”. Dalam tugas ini peserta magang dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok didampingi oleh satu orang tentor atau pemateri. Tugas ini diberikan bukan tanpa tujuan, tugas ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran setiap calon pengurus Annisa akan urgensi dakwah kemuslimahan itu sendiri, khususnya di lingkungan FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat). Terlebih lagi, apa yang peserta magang dapatkan dari diskusi tersebut akan menjadi bekal yang sangat berarti, ketika nanti terpilih menjadi pengurus Annisa Gamais dan menjalankan serangkaian tugas dakwah kemuslimahan.

Selanjutnya dari hasil diskusi yang telah dilaksanakan, setiap peserta magang secara individu diwajibkan untuk membuat essay sebagai tugas kedua. Tidak hanya berisi hasil diskusi sebelumnya, essay juga harus menggambarkan tentang cita-cita dan action dari masing-masing peserta, yang nanti akan mereka berikan untuk Annisa jika dipercaya menjadi pengurus terpilih.

Tahap selanjutnya (ketiga) bisa dikatakan cukup meriah, yaitu syiar. Peserta magang secara kolektif harus meramaikan Gazebo FKM dengan stand-stand yang mereka buat bersama. Semua peserta magang diamanahkan tugas untuk mensyiarkan “Hari Ibu” yang akan diperingati pada tanggal 22 Desember nanti. Tidak ada ketentuan yang mengikat tentang isi stand tersebut, yang terpenting tujuan dari syiar “Hari Ibu” itu bisa tersampaikan kepada seluruh mahasiswa FKM. Stand-stand yang luar biasa ini akan dibuka selama dua hari, yaitu tanggal 17-18 Desember 2012, gratis dan dibuka untuk umum. Melalui stand-stand ini, Annisa mencoba untuk mengingatkan kembali tentang pentingnya kehadiran seorang Ibu dalam kehidupan setiap manusia, perjuangan seorang Ibu yang mulia, serta kasihnya yang tak terbatas, sehingga tumbuh rasa cinta yang bertambah besar di hati kita kepada sosok Ibu yang begitu luar biasa. Tak salah juga kalau kita sebagai anak, memberi ucapan “Selamat Hari Ibu” kepada Ibunda tercinta sebagai salah satu wujud kecil dari birrul walidain.

Masih dengan tema yang sama yaitu Hari Ibu, tugas pamungkas hadir dengan tantangan yang lebih besar. Seluruh peserta magang diberi tanggung jawab untuk menyelenggarakan sebuah event, serupa kajian atau training motivasi sebagai tugas puncak dari serangkaian tugas magang yang cukup panjang. Event ini akan dipersembahkan kepada seluruh muslimah FKM pada tanggal 20 Desember 2012. Tidak ada ketentuan yang paten mengenai tempat pelaksanaan acara, hanya saja Annisa mengarahkan untuk menggunakan ruang kelas sebagai tempat pelaksanaan, agar kondisi acara lebih kondusif. Dalam tugas ini, setiap peserta magang akan belajar bagaimana mengkonsep suatu event dakwah kemuslimahan yang sesungguhnya, sehingga dituntut kerjasama, kerja keras serta dedikasi yang tinggi.

Serangkaian tugas magang Departemen Annisa bisa dikatakan panjang dan melelahkan, butuh motivasi dan kerja keras yang besar untuk melewati empat tahapan seleksi yang diberikan. Seluruh peserta magang kembali diuji, seberapa kuat semangat dan harapan mereka untuk menjadi salah satu pengurus Annisa Gamais. Namun, yang harus diingat adalah sesulit apapun itu, ketika kita yakin bahwa kita bisa, maka keyakinan itu akan segera menjadi nyata di depan mata kita. Terlebih lagi, setiap penugasan memiliki pesan tersendiri yang akan memberikan gambaran bagi peserta magang, bagaimana kinerja dan kontribusi Annisa dalam kancah dakwah kemuslimahan, baik dalam lingkup fakultas maupun universitas.

Sebagai Kepala Depertemen Annisa Gamais, Anggareni Tri Utami berharap kepada seluruh peserta magang Annisa agar tetap semangat dan tidak menjadikan penugasan sebagai beban, melainkan sebagai ladang ibadah. Beliau berpesan, bahwa siapapun nanti yang terpilih adalah yang terbaik dari yang terbaik, karena semua peserta magang Annisa adalah muslimah-muslimah terbaik Allah swt. Beliau juga berharap, semoga kesadaran akan pentingnya syiar pada sesama muslimah menjadi landasan dan alasan, mengapa banyak muslimah FKM yang mendaftarkan diri menjadi salah satu calon pengurus Annisa Gamais. Maka, kini yang paling dibutuhkan adalah niat yang lurus, niat untuk berkontribusi, dan niat beribadah kepada Allah swt. melalui Annisa.

Tetap semangat untuk semua peserta magang Departemen Annisa, selamat berjuang dan selamat menjalankan amanah yang diberikan. Selamat berkarya di jalan Allah, semoga berkah dan bermanfaat. Allahu Akbar !!

-By: Nurul Aini, Kelas A 2011-

Dan untuk yang ketiga ada department Syiar dan dakwah nih yuk kita lihat mengenai magang mereka

Magang di Departemen Syiar dan Dakwah

                 Sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar salah satu organisasi di Fkm Undip yang bergerak di bidang agama islam yaitu gamais. Di gamais fkm undip ini sendiri ada 7 departemen, antara lain : departemen humas, departemen annisa, departemen kaderisasi, depatemen ketakmiran, departemen BSO mentoring, departemen kanaya, dan departemen syiar dan dakwah.  Dan pada kesempatan magang di departemen humas ini, saya mendapatkan tugas untuk membuat essay mengenai magang di departemen syiar dan dakwah.

Sebenarnya apa itu departemen syiar dan dakwah? Departemen syiar dan dakwah adalah departemen yang menyelenggarakan kegiatan yang menyokong aktivitas dakwah, menghidupkan hari-hari besar Islam dengan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan khusus, menyediakan wahana yang kontinyu bagi pemenuhan kebutuhan spiritual dan pembinaan pribadi religius, berakhlak mulia serta senantiasa memelihara ikatan ukhuwah islamiyah. Dari tahun lalu kegiatan yang dilakukan di departemen syiar dan dakwah sendiri meliputi: adanya kajian F.B.I yang sasaran utamanya untuk akhwat, ikhwan mahasiswa fkm undip sendiri dan sasaran umumnya untuk mahasiswa di luar fkm undip, diadakannya tabliq akbar yang bekerja sama dengan departemen annisa yang selanjutnya di susul acara HJS. Selain itu karena departemen syiar dan dakwah ini sendiri lebih suka hal yang kreatif, tahun kemarin mereka membuat dekorasi kampus seperti adanya kata-kata islam yang di bentuk jemuran, adanya mading, dan untuk menjalin silahturahmi dengan pihak akademika, karyawan, departemen  syiar dan dakwah tiap bulannya merayakan ulang tahun dosen maupun karyawan.

Di tahun ini semua ukk fkm undip open recruitment untuk anggota baru. Tahun ini pula peserta magang departemen syiar dan dakwah ada 8 orang yang kebetulan angkatan 2012 semua. Pada magang kali ini hanya dilaksanakan selama seminggu saja, sebenarnya masing- masing ukk diberi waktu magang sampai 4 januari 2013 namun karena tanggal 23 desember 2012 sudah mulai minggu tenang dan tanggal 2 januari 2013 mulai UAS, maka deadline magang di majukan. Selama magang ini peserta melakukan 3 tahap penyeleksian:

  1. Diskusi, sudah dilaksanakan pada hari selasa, 10 desember 2012 sore hari di fkm undip. Dalam tahap ini diisi materi oleh mas Muhammad turmuzzi nur mengenai departemen syiar dan dakwah itu sendiri, dan peserta disuruh untuk berdiskusi tahun depan departemen syiar dan dakwah mau seperti apa.
  2. Essay, dari tahap diskusi yang kemarin, peserta di suruh membuat essay, dikumpulkan hari jumat, 14 desember 2012. Dan merupakan tugas individu.
  3. Event, pada tahap ini peserta disuruh membuat event yang berkaitan kerja departemen syiar dan dakwah, seperti adanya F.B.I yang nantinya peserta magang diharapkan merealisasikan program tersebut. Karena dari pesertanya adalah anak angkatan 2012 yang belum memiliki pengalaman berorganisasi di lingkungan kampus, maka dari pihak departemen syiar dan dakwah sendiri berusaha untuk selalu mendampingi. Tujuan mereka disuruh untuk membuat suatu event adalah agar mereka bisa saling bekerja sama. Dan penilaiannya pun belum tentu anggota magang yang mendapatkan amanah menjadi ketua di terima sebagai anggota baru di departemen syiar dan dakwah karena bagi mbak febita lebih suka melihat proses peserta magang, mereka siap atau tidak selama proses magang berlangsung.

Kriteria anggota baru yang diinginkan di departemen syiar dan dakwah tahun ini : harus berkompeten di bidang syiar dan dakwah maksudnya tahu dasar-dasar islam, memiliki komitmen di departemen syiar dan dakwah (tidak ababil) yang kadang memiliki semangat dan kadang tidak, dan mereka harus unggul. Sehingga dapat menutupi kekurangan kepengurusan departemen syiar dan dakwah pada tahun lalu. Dan untuk target anggota baru, di departemen syiar dan dakwah sendiri tidak menargetkan berapa orang yang diterima tetapi lebih mengutamakan orang yang dibutuhkan.

Untuk kesan peserta magang sendiri, dari tahap satu sampai tahap ke tiga magang ini, mereka tidak ada keluhan bahkan mereka bersemangat mengerjakan event F.B.I nya.

-By: Rahmawati Nur Mutmainah, Kelas E 2011-

Semoga tulisan-tulisan tersebut dapat menambah pengetahuan kita seputar magang Gamais ya. Mengenani magang department lainnya akan kita lanjutkan di Seputar Magang Gamais part 2.

Wassalamualaikum.wr.wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s