Seputar Magang Gamais (Part 2)

Assalamualaikum wr.wb.

Kita kembali lagi nih untuk share pengalaman para calon pengurus Gamais 2013 tentang hasil wawancara mereka mengenai magang Gamais. Untuk part 2 ini giliran BSO mentoring, biro kestari dan department ketakmiran nih yang bakal kita bahas mengenai magang mereka, oke langsung aja ya

BSO Mentoring

GAMAIS (Keluarga Mahasiswa Islam) adalah salah satu unit kegiatan kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip yang bernafaskan rohani Islam. UKK ini telah berdiri sejak tahun 2000an. Didalamnya terdapat beberapa departemen yang mengkordinir masing-masing kegiatan GAMAIS. Salah satunya ialah BSO Mentoring. BSO mentoring adalah kepanjangan dari Badan Semi Otonom Mentoring. BSO Mentoring merupakan sebuah departemen yang ada di GAMAIS yang bertugas untuk mengurusi dan mengawasi mentoring di FKM Undip. Departemen ini terdri dari 13 orang pengurus.

Mentoring FKM Undip  ialah sebuah kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk penguatan rohani islam mahasiswa serta sebagai penguat pondasi dasar islam mahasiswa di FKM Undip.  Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diwajibkan oleh fakultas untuk seluruh mahasiswa islam yang ada di FKM Undip tanpa kecuali. Mentoring di FKM Undip telah ada sejak terbentuknya GAMAIS sekitar tahun 2000an. Kegiatan ini dipimpin oleh seorang pementor. Kegiatan ini berbentuk seperti sebuah forum dimana sang pementor berperan sebagi pemimpin dari forum. Karena kegiatan ini berbentuk seperti sebuah forum maka mentoring dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 10 – 11 mahasiswa. Hal ini bertujuan agar tujuan dari mentoring itu tepat sasaran. Selain itu, untuk mempermudah pementor untuk mengenali pengetahuan tetang islam teman-teman di forum mentoring.

BSO Mentoring GAMAIS FKM Undip memiliki kegiatan utama yaitu memantau dan memastikan mentoring di FKM Undip berjalan lancar serata membentuk dan mengup grade kegiatan mentoring dengan sebuah agenda mutaqo pementor atau yang biasa disebut sebagai evaluasi bagi para pementor. Pementor untuk mentoring tidaklah dipilih dari kalangan anggota GAMAIS saja. Tetapi, pementor ini dipilih melalui open recrutment. Hal ini dimakasudkan agar teman-teman yang memiliki ilmu lebih dan ingin berkomitmen menyalurkannya dapat terealisasi walaupun ia bukanlah anggota dari GAMAIS..

Selain kegiatan utama tersebut, BSO Mentoring juga memiliki event akbar, yaitu GOM. GOM ialah kepanjangan dari Grand Opening Mentoring. GOM inilah saebagai awal dari perjalanan mentoring. GOM ini dikatan seabagai event akbar karena diselenggarakan bersama UKK ROHIS dari Program Studi Ilmu Keperawatan  dan Fakultas Psikologi.

Layaknya sebuah negara yang setiap peride mengalami pergantian pemimpin, UKK ini pun juga harus mengalami pergantian pemimpin. Sebelum teselenggaranya sebuah kegiatan serah terima jabatan kepengurusan dari GAMAIS tentunya diperlukan sosok pengurus –pengurus yang baru. Pengurus ini diseleksi melalui kegiatan open recrutment.   BSO Mentoring memiliki beberapa tahapan untuk menjadi pengurus dari departemen. Tahap awal yang harus dilalui calon pengurus ialah seleksi wawancara. Setelah lolos dari tahap wawancara berlanjut ke tahap magang. Tahap magang dari depatemen ini bersifat lebih internal. Sehingga tahap ini hanya dilakuakan dan dilihat oleh para calon serta kakak-kakak dari pengurus. Tahapan magang depatemen ini merupakan simulasi  seperti apa kegiatan BSO Mentoring yaitu dengan kegiatan mikro teaching mutaqo pementor dan mengisi mentoring yang telah ada. Selain itu, tugas magang yang lainnya ialah diskusi dan studi banding dengan UKK ROHIS yang ada di fakultas lain yang ada di Undip. Tahapan akhir dari magang ini ialah presentasi hasil magang dari para calon pengurus. Setelah semua tahap dilalui para calon tinggal menanti hasil dari magang yang menjadi penentu layak atau tidaknya para calon menjadi seorang pengurus yang sesungguhnya.

-By: Farah Ghina, Kelas C 2012-

oke kita lanjut ke Biro Kestari

Serunya Magang Biro Kestari

Keahlian dalam mengurus sebuah bidang adalah hal yang perlu diperhatikan dalam merekrut pengurus suatu organisasi. Hal ini bertujuan, agar masa depan organisasi tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tujuan tersebut dapat dicapai, salah satunya dengan cara memilih pengurus baru yang ahli dan kompeten. Banyak cara yang ditempuh untuk melihat sejauh mana kualitas calon pengurus baru, salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan training atau yang biasa disebut dengan magang.

Magang sendiri merupakan suatu bentuk pelatihan, yang bertujuan untuk melihat kemampuan peserta dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan. Disini, peserta magang dapat belajar untuk mengasah kemampuannya, dan mendapat pengalaman-pengalaman yang bermanfaat.

Kegiatan tersebutlah yang tengah digalakan oleh seluruh UKK FKM UNDIP termasuk GAMAIS –sebuah organisasi yang bergerak dalam dakwah islam- untuk merekrut pengurus barunya. Magang yang diadakan pun berbeda-beda dalam setiap departemennya.

Seperti yang telah diketahui, GAMAIS memiliki beberapa divisi yang memiliki tugas berbeda-beda. Salah satunya adalah Biro Kestari.

Biro Kestari adalah sebuah divisi yang mengurus masalah kesekretariatan. Seperti mengurus surat alur dana, catatan penyimpanan arsip, proposal pengajuan dana, dan masalah surat menyurat lainnya yang umumnya terkait dengan pelaksanaan sebuah kegiatan.

Dalam alur perekrutannya, Biro Kestari memiliki empat tugas magang yang harus dilaksanakan oleh para calon pengurus. Yang pertama adalah tugas pembuatan proposal acara FBI (Forum Belajar Islam). FBI sendiri adalah suatu acara yang diadakan oleh Departement Syiar, dan Biro Kestari sendiri memiliki amanah dalam pembuatan proposal kegiatan tersebut.

Yang kedua adalah penugasan surat menyurat tentang FBI, dimana dalam hal ini peserta magang harus membuat beberapa surat terkait dengan pelaksanaan acara FBI itu sendiri, seperti surat izin fakultas, surat permohonan, baik permohonan tenaga pembicara, alat, atau tempat, dan yang lainnya.

Yang ketiga adalah, peserta magang diwajibkan membuat notulasi acara FBI tersebut. Dimana dalam acara tersebut, peserta magang berperan menjadi notulen yang mencatat hasil dan jalannya acara.

Dan yang terakhir adalah pembuatan deskripsi alur pencairan dana dari fakultas untuk kegiatan FBI. Dalam hal ini, peserta magang membuat sebuah laporan berbentuk deskripsi mengenai tahapan dalam alur pencairan dana tersebut.

“Magang ini diadakan untuk melihat kemampuan masing-masing peserta dalam kesekretariatan. Termasuk dalam pembuatan proposal dan surat menyurat. Hal ini merupakan sebuah pembelajaran dan pelatihan untuk masing-masing peserta agar memiliki pengalaman dan bekal sendiri,” Tutur Defani, kadiv biro kestari yang ditemui masjid kampus undip tembalang pada Rabu 12 Desember 2012 lalu.

Serunya, tugas magang yang diberikan tidak semata-mata untuk kepentingan diri sendiri maupun kepentingan divisi yang digelutinya, melainkan juga berperan dalam terselenggaranya sebuah acara besar bertajuk Forum Belajar Islam yang kabarnya akan diselenggarakan pada 18 desember 2012 mendatang. Dimana acara tersebut merupakan suatu event yang diadakan oleh Departement Syiar Gamais FKM Undip.

-By: Trifany Arlita Prihandini, Kelas A 2012-

Kita lanjut deh ke department ketakmiran

Secuil Kegiatan Penampung Pahala

Gamais (Keluarga Mahasiswa Islam), siapa yang tak kenal UKK yang satu ini. UKK yang berdiri sejak tahun 1999 menaungi seluruh muslim di FKM. Namun tidak semudah itu masuk ke UKK yang satu ini. Gamais mencari kader-kader terampil yang tetap berpegang teguh pada Islam dan Ihsan. Di penghujung tahun 2012,  Gamais Fakultas Kesehatan Masyarakat  Universitas Diponegoro mengadakan kembali open recruitment (oprec)  khususnya untuk mahasiswa 2012. Seperti tahun-tahun sebelumnya open recruitment ini adalah jembatan untuk para mahasiswa dalam mengembangkan potensi dari masing-masing individu, oprec ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas dari masing-masing  pendaftar. Mahasiswa yang ingin menjadi anggota keluarga baru Gamais harus melalui berbagai tahapan. Tahapan itu diawali dengan tahap pendaftaran yang kemudian dilanjutkan dengan tahap wawancara dan magang. Pada tahap magang ini aplican mulai bekerja pada prodi divisi yang telah dipilih.  Gamais memiliki beberapa divisi salah satunya adalah ketakmiran.

Ketakmiran merupakan divisi yang bergerak di bidang pengelolaan mushola yang dipimpin oleh pemuda bernama Sudiatmoko yang biasa dipanggil Mas Koko. Pada dikesempatan wawancara mas Koko mengatakan bahwa, “Secara kasarnya ketakmiran itu tugasnya seperti marbot masjid”. Proker kerja ketakmiran adalah menjaga, merawat, memanajemen mushola sebaik mungkin sehingga keluarga FKM merasa nyaman saat beribadah. Ketakmiran bukanlah divisi baru, “Setahu saya divisi ketakmiran sudah ada sejak dulu dan semenjak tahun 2010 saya sudah didivisi ketakmiran lalu diangkat menjadi kadep ketakmiran”, terang Mas Koko.

“Mengenai magang ketakmiran, kami belum bertemu dengan si aplican namun kami sudah menghubungi mereka melalui sms. Insyaallah kami akan melakukan TM sekitar minggu kedua di bulan Desember, melalui gathering ini saya bersama team ketakmiran ingin melihat sejauh mana minat aplican, “Apakah mereka itu jijikan? Aplikasi apa yang mereka buat untuk ketakmiran?” . Kami juga akan menjelaskan mengenai tugas magang dimana mereka harus survey ke masjid FMIPA dan masjid Al-Azzar. Disana mereka mempelajari bagaimana manajemen masjid tersebut. Selain itu si aplican akan diajakan bersih-bersih mushola ”, jelas Mas Koko. Akhir tahun ini ketakmiran akan mengadakan pergantian kepengurusan khususnya untuk memilih kadep baru. Harapan Mas Koko, kedepannya ketakmiran menjadi lebih baik dalam segala hal dengan kadep dan pengurus baru.

Untuk mewujudkan harapan Mas Koko itu hendaknya dilaksanan “KBM (Kerja Bakti Mushola)”. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membersihkan mushola bersama dan  mengevaluasi kinerja pengurus ketakmiran setiap minggunya, jadi setiap minggunya aka nada inovasi-inovasi baru untuk memanejemen mushola FKM kita tercinta. Karna ketakmiranlah kita bisa merasa nyaman menggunakan fasilitas mushola, karna ketakmiranlah keindahan mushola terlihat sehingga membuat para muslim bersemangat untuk beribadah namun tetap semangat utamanya adalah mendapatkan ridho dari Allah.

Asiknya magang ketakmiran ini tidak hanya untuk kepentingan pribadi maupun untuk orang lain namun magang ini akan menuangkan pahala dan semakin memesonakan akhlak para muslim.

-By: Afifah Dita S, Kelas A 2012-

Sekian dulu ya yang dapat kita share hari ini, tapi jangan sedih karena masih ada department-department di Gamais yang belum kami share mengenai magang department tersebut, kita akan bahas di Seputar Magang Gamais part 3.  So, Stay tuned !! ^^

Wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s